Selasa, 07 Juli 2015

Buah Mengkudu


Sekilas Tentang Mengkudu





Sumber: Buku Sehat Dengan Mengkudu,
Penulis : Maria Goreti Waha, STP



Klasifikasi Mengkudu

Terdapat sekitar 80 spesies tanaman yangtermasuk dalam genus Morinda. Menurut H.B.Guppy, ilmuwan Inggris yang mempelajariMengkudu sekitar tahun 1900, kira-kira 60 persen dari 80 spesies Morinda tumbuh di pulau-pulau besar maupun kecil, di antaranya Indonesia, Malaysia dan pulau-pulau yangterletak di Lautan India dan Lautan Pasifik.Hanya sekitar 20 spesies Morinda yangmempunyai nilai ekonomis, antara lain:
Morinda bracteata, Morinda officinalis, Morinda fructus, Morinda tinctoria dan Morinda citrifolia.
Morinda citrifolia adalah jenis yang paling populer, sehingga sering disebut sebagai "Queen of The Morinda".Spesies ini mempunyai nama tersendiri di setiap negara, antara lain Noni di Hawaii, Nonu
atau Nono di Tahiti, Cheese Fruit di Australia, Mengkudu, Pace di Indonesia dan Malaysia.Filum: Angiospermae, Sub filum: Dycotiledones, Divisi: Lignosae, Famili: Rubiaceae,Genus: Morinda, Spesies: citrifolia. Nama ilmiah: Morinda citrifolia.


Botani Mengkudu

Mengkudu termasuk tumbuhan keluarga kopi-kopian (Rubiaceae), yang pada mulanya berasal dari wilayah daratan Asia Tenggara dan kemudian menyebar sampai ke Cina,India, Filipina, Hawaii, Tahiti, Afrika, Australia, Karibia, Haiti, Fiji, Florida dan Kuba.


Sejarah Pemanfaatan Mengkudu

Mengkudu berasal dari Asia Tenggara. Pada tahun 100 SM, penduduk Asia Tenggara bermigrasi dan mendarat di kepulauan Polinesia, mereka hanya membawa tanaman dan hewan yang dianggap penting untuk hidup di tempat baru. Tanaman-tanaman tersebut memiliki banyak kegunaan, antara lain untuk bahan pakaian, bangunan, makanan danobat-obatan, lima jenis tanaman pangan bangsa Polinesia yaitu talas, sukun, pisang, ubirambat, dan tebu. Mengkudu yang dalam bahasa setempat disebut "Noni" adalah salahsatu jenis tanaman obat penting yang turut dibawa.Bangsa Polinesia memanfaatkan "Noni" untuk mengobati berbagai jenis penyakit,diantaranya: tumor, luka, penyakit kulit, gangguan pernapasan (termasuk asma), demam dan penyakit usia lanjut.